Jumat, 26 Maret 2010

Cari ilmu apa cari..

"“pssst…pssst…nomer 5, jawabannya apa???”. Kata-kata barusan pasti uda nda asing di telinga kita as a student, yipz, bener banget kalimat tanya (tanya jawaban maksudnya) kayak gitu pasti sering kita denger pas ujian, ulangan, quiz, dan segala macem bentuk tes lainnya. Nyontek seperti uda jadi hal yang biasa di kalangan remaja saat ini, apalagi sebagai seorang pelajar. Padahal, kalo ditanyain sama orang : “ buat apa kamu sekolah???” pasti jawabannya : “ yaaa buat cari ilmu lah,,,”, nah lho, nyambung nda??? Kalo emang niatnya buat cari ilmu, kenapa harus nyontek??? (hayoo…), kalo kayak gitu mah, bukan cari ilmu atuh, tapi cari nilai (iya khan???).

Kebanyakan pelajar sekarang terlalu memprioritaskan nilai sebagai patokan keberhasilan seseorang dalam menuntut ilmu (baca: sekolah). Jadinya ya kayak kejadian di atas itu, pas ulangan, nda bisa njawab soal, malemnya nda belajar, paginya nda sarapan, ditambah pas dulu diterangin gurunya malah sms-an sama pacarnya (duuhh,,,komplit banged ce…), akhirnya nyontek deh. Tujuannya cuman satu, nda lain dan nda bukan yakni biar dapet nilai bagus, saking ngebetnya pengen dapet nilai bagus, mpe menghalalkan segala macem cara (eg. Ya nyontek tadi itu), masya Allah. Padahal (kalopun tujuannya buat nilai) masi banyak cara lain, salah satunya, yaaaa belajar dunk pren!

Kawan, nilai bagus bukan berarti segalanya. Coba bayangin, buat apa coba nilai bagus, tapi ilmunya nda bermanfaat??? Buat apa nilai bagus kalo ilmunya nda diterapin??? Trus, buat apa sekolah mahal-mahal kalo tujuannya cuman buat nilai??? Jadi, nilai emang bukan segalanya, untuk jadi seorang yang sukses nda cuman butuh nilai (apalagi dari hasil nyontek). Liat aja para pendahulu kita, kayak Ibnu Sina, Ibnu Rusyd, Al-Khowaritsmi, Al-Razi, dll, mereka bisa sukses tanpa harus ngoyo cari nilai bagus kan??? Kok bisa ya??? Jawabannya ada di dalam hati, yakni niat kita. Kalo niat kita ke sekolah cuman nyari nilai, yaaaa kita bakal cuman dapet nilai, TAPI,,,kalo niat kita diubah jadi cari ilmu (beneran cari ilmu) dengan hanya berharap pada ridlo Allah, Insya Allah kita bakal dapet ilmu (yang bermanfaat tentunya), naah kalo kita uda dapet ilmu, ilmu Matematika misalnya, uda pasti kita bakal ngeh sama ilmu itu, nda cuman hapal tapi juga faham. Terus, kalo kita uda faham sama ilmu itu, kita nda perlu khawatir masalah nilai khan??? Uda pastinya nilai bakal kita dapetin juga, setuju?!!

Jadi, intinya sekolah itu jangan diniatkan buat cari nilai, tapi niatin buat cari ilmu semata-mata hanya berharap ridlo Allah. Kalo niat uda manteb kayak gitu, insya Allah semua yang kita harapin bakal kesampean (nda cuman nilai, bahkan lebih). Ups, tapi jangan lupa, semua bakal kita dapetin kalo kita nempuh semuanya dengan ikhlas n bener menurut Allah, ditambah lagi, kudu dibarengin sama ibadah yang siiip juga. Ayo! Segera ubah niat kita! Berlomba-lomba nuntut ilmu buat kesuksesan dunia-akhirat. ^^ (gs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar