Minggu, 28 Maret 2010

Sang Superstar...

Seperti biasa, hari ini aq seringkali melihat inbox di hapeq karena yaah tau sendiri lah banyak sms dari penggemar. Bahkan engga' hanya inbox, email pun juga bejibun, aarrgh... sampai ogah aq membacanya. Fiuh.. abis baca ini itu, aq langsung pergi ke lokasi shooting untuk penuhi order job, acting cuy!. Emang sih, selain suaraq yg merdu tampangq juga nggak kalah ama afgan, hehehe.
Beberapa saat setelah puas beraksi di depan kamera, tiba2 aq dihubungi seorang produser untuk duet dg jacko, waaaw, i don't believe it! i'll meet the king of pop!. dg persiapan secukupnx aq dijemput oleh asisten pribadiq untuk menuju ke tkp. [Di tengah2 perjalanan] “Tiiin” suara klakson dari mobil2 bersautan... “Tidaaaak” aq menjerit dlm hati... belum sampai aq ke tempat konser, eh ini malah macet. “Sial!” Umpatq. “Andai jalan ada banyak, tiap mobil punya jalur pribadi, ato paling engga' mobil bisa terbang!”. Ngeliat kelakuan anehq, sang asisten langsung bertutur, “Sudahlah bos, nyantai aja... kan konserx masih 3 jam lagi. Bentar ya bos, asistenmu ini mau ngeliat kondisi di luar”.

Tak lama setelah ia beranjak dari mobil, ia kembali membawa kabar. Ternyata kemacetan ini bukan karena rusaknya traffic light ato ada kura2 yg lagi nyeberang, tapi karena presiden lewat. Ngedenger hal itu, aq tambah kesal. Sang asisten yg ngerti banget akan kondisiku, he gives me an advice again,
“Wah untung macet ya bos...kan di kondisi yg kayak gini, bos bisa latihan vokal. Suara jacko kan udah cocok buat semua genre, nah tinggal suara bos aja nih yg kudu dilatih, biar nanti bisa klop gitu sama suara si joko, eh jacko...”.
Meski aq sempet kaget ngedenger asistenq yg ngasih solusi (biasax si asisten gak pernah ngasih solusi, yg ada malah nambah masalah), aq terima nasihatx. Langsung aja, aq buka tas dan ku temukan apa yg ku cari, mp5 kesayanganq. Ku pakai si headset dan kumainkan lagux. Eh ternyata lagu “Heal the world” si joko [eh ketularan dah], maksudx jacko. Sambil ndengerin, tak sadar mulutku juga komat-kamit. Melantunkan nyanyian dg suara jacko di mp5. “Heal The World... Make It A Better Place... For You & For Me & The Entire Human Race... There Are... People Dying... If You Care Enough For The Living... Make A Better Place, For You & For Me...”... “Alloh Akbar Allohu Akbar!!” tiba2 suara adzan menyahut, aq pun tersentak kaget, sejak kapan Jacko nambah lirik adzan di lagunya? pikirku. Dan tiba2, aq melihat langit2 kamarku. “Ealahh ternyata cuma mimpi”, batinku. [emang lagu heal the world, ku pasang sebagai ring tone alarmku en dilanjutkan dg suara adzan]... yahhh capek pakde!!
**********
Hai2 prend! Bingung ya mbaca cerita di atas? aq juga bingung tuh... hehehe. But kalo dipikir2 lagi, emang enak kali ya jadi seseorang yg diidolakan. Punya banyak fans, uang nggak kurang2, tanda tangan sana sini, & hal2 keren lainx. Trus hal yg terpenting adalah jadi inspirasi bagi penggemarx, seperti kata Ahmad Dhani di acara inpotainment kemarin. Tapi kalo dipikir-pikir juga, jadi idola juga ada nggak enakx. Kemana2 jadi sorotan, jadix ngga' bebas dah. Parahx, jika yg nyorot agen2 infotaiment. Wah, bisa2 ada dugaan yg nggak enak tuh. Tau donk, paparazzi dan mamarazzi?
Tapi, terlepas dari enak nggak enaknx jadi idola, setiap orang pasti memiliki idola. Emang ngga' bisa dipungkiri prend, kalo tiap manusia tuh butuh yg namanx idola sebagai inspirator. Karena sang inspiratorlah manusia bisa berkreasi dlm menjalani hidupx. Itu semua juga tak lepas dari sikap manusia yg suka meniru.

~Idola, makanan apa tuh?
Idola bisa dimaknai sebagai seseorang ato sesuatu yg besar dan sering dihormati dan dicintai dg fanatik. Contohx, Michael Jackson, pria yg dinobatkan sebagai King of Pop ini dipuja-puji ama penggemarx. Suara emas Jacko ditambah lantunan lagu yg terkadang mengharukan masih ditambah lagi ama bumbux, lirik2 yg penuh makna, ngebuat kesengsem abis bagi orang yg ngedengerx. Apalagi, moonwalknya itu lho... gemmezzzz deh! Eh, kok aq ikut2tan centil??
Meski ada isu2 negatip dari media tentang jacko, mulai dari pedofil hingga kasus2 yg lain, ternyata idola yg satu ini ngga' kurang2 juga fansx. yg ada malah nambah banyak. Waladalah... orang ini pake mantra apa ya? Mantra lupa2 ingat, ato mantra tak gendong kemana2, ya?
Bulan2 akhir ini, merupakan bulan terpahit bagi penggemar Jacko. Karena sang raja pop itu telah habis kontrak umurx. Para penggemarnyapun serentak memberikan antusias yg luar biasa. (Ya iyalah... namax aja penggemar). Mereka langsung memborong album2 Jacko, nggak hanya itu, mereka juga ngadain konser lagu Jacko sebagai cara mereka untuk mengenang sang legenda tersebut. Dari contoh itu aja, bisa disimpulin kalo pada idola ada penghormataan, kecintaan & keteladanan.

~Kenapa qt suka meniru?
Seperti yg udah dinyatakan di atas, bahwa manusia suka meniru. Itu semua bukanx manusia engga' kreatif, manusia engga' punya ide, tapi itu karena fitrah manusia. Manusia diciptakan dlm kondisi yg belum mengerti apa2. Namun meski seperti itu, di lingkungan manusia, juga diciptakan kondisi yg sedemikian rupa sehingga dg itu manusia bisa terinspirasi. qt ambil contoh aja seorang bayi, bayi ngga' akan pernah bisa berjalan layakx manusia normal kalo ia nggak pernah melihat kondisi manusia normal dlm berjalan. Tul ngga'? Masih bingung? Ya udah, prend kasih contoh lagi. Tau film movie berjudul “tarzan” kan? Di sono digambarkan ada seorang anak manusia yg dilahirkan normal. Namun ketika ia dan keluargax berada di hutan, keluargax diserang oleh raja hutan sehingga tinggallah ia sendiri. Hampir ia akan di serang oleh raja hutan sebagai mangsa mungilx, seekor gorila memungutx dan menyelamatkanx dari serangan sang singa. Lanjut cerita, tarzan (nama yg diberikan gorila kepada bayi itu) tumbuh dibawah asuhan keluarga gorila. Dan walhasil ia pun bertingkah laku seperti gorilla. Tuh kan, udah ada faktax. Meski dlm bentuk animasi, paling engga' yg membuat movie itu manusia. Dan si pembuat memahami dg baik, jika lingkungan akan mempengaruhi tingkah laku seseorang.

~Sign for plagiator
Kecenderungan qt untuk suka meniru ternyata juga harus dibatesin lo. Coba deh dipikir lagi, seandaix qt jadi tarzan, & qt nggak pernah berfikir ulang apakah qt harus berlaku seperti itu ato ngga'. Pasti qt engga' akan bisa merasakan enakx hidup menjadi manusia normal. Ya toh?! Ya udah deh, kalo contohnx ngga' mau tarzan lagi. Qt liat aja kondisi sekarang. Sebagian masyarakat qt telah mengkultus sosok idola mereka tanpa memperhatikan sisi aqidah & akhlaqx. Seperti idola pada umumnya, semua perkataan dan perbuatanx ditiru, lagi2 tanpa pertimbangan apakah yg dikatakan ato dilakukan itu bener ato salah menurut agama. Bahkan sebalikx, justru perkataan dan perbuatan idolax yg menjadi acuan bener nggakx menurut agama, na'udzubillaah... Nah, yup... meski qt mengidolakan seseorang, qt harus memberi sign [tanda] sebagai pengatur rasa kagum kita. Karena ya seperti hal tadi, terkadang, saking ngefansx, penggemar sampai ngga' memperhatikan apakah yg dilakukan oleh idolax bener ato nggak. As the result, yaa muncul deh para insan yg dg seenakx melakukan kesalahan2 yg sama dg idolax. Wah jadi berabe tuh...
Seandaix saja, sang idola adalah seseorang yg tak sedikitpun ada keburukan dlm dirix. Bahkan kebaikan senantiasa menghiasi kehidupanx, maka ngga' mengherankan jika para penggemarx nggak susah2 ngeliat sign. Because, segala aspek yg ditiru udah bener. Ngga' mustahil, jika yg awalx harapan untuk menjadi insan yg baik akhirc menjadi suatu keniscayaan. Nah prend, sebuah pertanyaan muncul ni... apa idola qt udah mempunyai kepribadian yg seperti itu?

~Idola hakiki
Dari pemaparan di atas, sebenerx aq pingin nyampein sesuatu yg puenting buanget. Saking pentingx aqsampe lupa ,,, ~_~'. engga'2 , prend cuma' bercanda. Bahwasax qt tuh harus pandai2 dlm memilih idola. Tanya kenapa? karena idola merupakan penentu karakter qt dlm mengarungi hidup. Jika karakter yg ada baik, maka sudah pasti qt akan merasa tentram. Tapi kalo yg ada sebalikx, wah harus siap2 tuh untuk menjalani hidup yg penuh dg tekanan, yg nggak enak tentunx.
Sebagai agama penyempurna agama terdahulu dan sifatx yg rahmatan lil 'alaamin, Islam juga ngasih solusi untuk masalah idola lho. Tau Nabi Muhammad SAW kan? seseorang yg tidak pernah menyembunyikan keceriaan wajah terhadap para sahabat dan selalu mencari berita tentang kondisi mereka. Seseorang yg selalu memberikan tempat khusus kepada orang2 baik di sisix. Seseorang yg tidak pernah duduk dan bangun (dari duduk) kecuali dg menyebut nama Alloh dan mayoritasx. Seseorang yg tidak pernah menentukan tempat duduk khusus bagi dirix. Seseorang yg memperlakukan masyarakat sedemikian rupa sehingga mereka merasa dirix adalah orang termulia di sisi beliau. Seseorang yg tidak banyak berbiacara dan tidak pernah memotong pembicaraan seseorang kecuali ia berbicara kebatilan. Seseorang yg tidak pernah mencela dan mencerca seseorang. Seseorang yg tidak pernah mencari2 kesalahan orang lain. Seseorang yg selalu sabar menghadapi perangai buruk bangsa Arab dan orang2 yg asing bagi beliau. Seseorang yg selalu duduk di atas tanah dan duduk bersama orang2 miskin serta makan bersama mereka. Seseorang yg tidak pernah mengizinkan siapa pun berdiri (untuk menghormati)nya. Seseorang yg selalu menghormati orang2 berilmu dan berakhlak mulia. Dibandingkan dg yg lain, beliau lebih bijaksana, sabar, adil, berani dan pengasih. Seseorang yg selalu menghormati orang2 tua, menyayangi anak2 kecil dan membantu orang2 yg terlantar. Seseorang yg tidak meninggalkan sekeping Dinar dan Dirham pun ketika ia meninggal dunia. Dan banyak lagi karakter luar biasa dari manusia yg satu ini. Maha benar Alloh dlm firmannya pada {QS Al-ahzab [33]: 21} yg menyatakan bahwa dlm diri Nabi Muhammad SAW terdapat suri tauladan yg baik.
prend Udah jelas kan siapa Nabi Muhammad SAW? Kalo belum jelas, kamu cari deh artikel lain tentang Rasululloh SAW. Pasti yg kamu temukan hanya yg ngejelasin kemulian hamba Alloh yg mulia ini, karena emang Rasululloh SAW tidak pernah berperangai buruk. Kalopun ada artikel2 yjavascript:void(0)g menjelek2kan Rasululloh SAW, pasti artikel itu bersumber dari sesuatu yg ngga' jelas, ato pemikiran2 yg dibangun tidak berdasar atas aqidah Islam. yups, kalo udah jelas, nunggu apa lagi? ayo qt jadikan Rasululloh sebagai idola kita! Ngga' usah pikir2 seribu kali lagi, dijamin nggak rugi dah jika qt meneladani Rasululloh. Itung2, itu juga menjadi rasa cinta qt kepada Rasululloh SAW. So... masih mengidolakan orang yg ngga' jelas akan keahsanan perbuatanX? bye2 aja! ^_^ Setuju? [gs]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar